Jumat, 22 Januari 2010

Tim 1 KKN Kebondowo Diponegoro angkatan 2010

A. Latar Belakang

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat adalah suatu kegiatan intrakulikuler wajib yang memadukan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan metode pemberian pengalaman belajar dan bekerja kepada mahasiswa, dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat. Selain itu KKN juga merupakan wahana penerapan serta pengembangan ilmu dan teknologi yang dilaksanakan diluar kampus dalam waktu, mekanisme kerja, dan persyaratan tertentu. Oleh karena itu, KKN PPM diarahkan untuk menjamin keterkaitan antara dunia akademik – teoritik dan empirik – praktis.Dengan demikian akan terjadi interaksi sinergis, saling menerima, dan memberi, saling asah, asih,asuh antara mahasiswa dan masyarakat.
Pelaksanaan KKN program sekarang adalah Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM). Tema ini merupakan salah satu kegiatan dalam perguruan tinggi yang diselenggarakan berdasarkan UUD 1945 dan Undang-Undang No 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional Juncto Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi.
Perguruan Tinggi sebagai pusat pemeliharaan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bertujuan untuk mendidik mahasiswa agar berjiwa penuh pengabdian serta kegairahan untuk meneliti dan memiliki sikap tanggung jawab yang besar terhadap masa depan bangsa dan negara. Kiprah perguruan tinggi dan mahasiswa bagi usaha pembangunan nasional dan daerah ini perlu ditingkatkan peranannya sesuai dengan kebutuhan saat ini dan masa mendatang.
Oleh karena itu, perguruan tinggi dituntut untuk lebih berorientasi dan menyerasikan kurikulumnya terhadap kebutuhan pembangunan, sehingga dapat menghasilkan sarjana yang dapat menghayati dan mengatasi problema pembangunan dan kemasyarakatan serta berfungsi sebagai penerus pembangunan. Hal ini sangat penting, karena pada akhirnya ilmu pengetahuan dan teknologi itu harus diabdikan untuk kemaslahatan bersama dan pembangunan manusia seutuhnya.

B. Tujuan Penyelenggaraan KKN TEMATIK PPM
1. Tujuan Umum
a. Melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi dalam bidang Pengabdian Masyarakat.
b. Sebagai proses pembelajaran kepada mahasiswa dalam mengimplementasikan seperangkat teori yang telah diterima di bangku kuliah kepada masyarakat secara langsung.
c. Sebagai proses pendidikan bagi mahasiswa agar berjiwa penuh pengabdian dalam mengawal pembangunan serta memiliki tanggung jawab yang tinggi terhadap masa depan bangsa dan negara.
d. Membentuk sarjana yang berilmu, cakap, berbudi pekerti luhur, serta memiliki kesadaran dan tanggung jawab yang tinggi atas kesejahteraan masyarakat maupun masa depan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.
e. Membentuk sarjana penerus pembangunan yang mampu menghayati berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat dan mampu mengembangkan pemikiran maupun penalaran untuk belajar memecahkan permasalahan yang kompleks secara pragmatis dan interdisipliner.
f. Mendekatkan Perguruan Tinggi dengan Masyarakat untuk menyesuaikan tuntutan pembangunan dan dinamika masyarakat.

2. Tujuan Khusus
Tujuan dari kegiatan ini adalah :
a. Meningkatkan empati dan kepedulian mahasiswa terhadap lingkungan.
b. Menanamkan nilai kepribadian :
- Nasionalisme dan jiwa Pancasila
- Keuletan etos kerja dan tanggung jawab
- Kemandirian, kepemimpinan dan kewirausahaan
c. Meningkatkan daya saing nasional
d. Menanamkan jiwa penelitian
- Eksploratif dan analisis
- Mendorong learning community dan learning society

C. Sasaran

Pada dasarnya kegiatan KKN PPM POSDAYA diarahkan kepada tiga sasaran, yaitu:
a. Mahasiswa
1. Memperdalam pengertian, penghayatan, dan pengalaman mahasiswa tentang:
a. Cara berpikir dan bekerja interdisipliner dan lintas sektoral
b. Kegunaan hasil pendidikan dan penelitian bagi pembangunan pada umumnya dan pembangunan daerah pada khususnya.
c. Kesulitan yang dihadapi masyarakat dalam pembangunan serta keseluruhan konteks masalah pembangunan pengembangan daerah
2. Mendewasakan alam pikiran mahasiswa dalam setiap penelaahan masalah yang ada di masyarakat secara pragmatis ilmiah
3. Membentuk sikap dan rasa cinta, kepedulian sosial dan tanggung jawab mahasiswa terhadap kemajuan masyarakat
4. Memberikan keterampilan kepada masyarakat untuk melaksanakan program-program pengembangan dan pembangunan
5. Membina mahasiswa agar menjadi innovator, motivator dan problem solver
b. Masyarakat
1. Memperoleh bantuan pikiran, tenaga, ilmu dan teknologi serta seni dalam merencanakan dan melaksanakan pembangunan
2. Meningkatkan kemampuan berpikir, bersikap dan bertindak agar sesuai dengan program pembangunan
3. Memperoleh pembaharuan-pembaharuan yang diperlukan dalam pembangunan di daerah
4. Membentuk kader-kader pembangunan di masyarakat sehingga terjamin kesinambungan pembangunan

c. Perguruan Tinggi

1. Perguruan tinggi lebih terarah dalam mengembangkan ilmu dan pengetahuan kepada mahasiswa, dengan adanya umpan balik sebagai hasil integrasi mahasiswa dengan masyarakat. Dengan demikian, kurikulum perguruan tinggi dapat disesuaikan dengan tuntutan pembangunan. Tenaga pengajar memperoleh berbagai kasus yang dapat digunakan sebagai contoh dalam proses pendidikan
2. Perguruan tinggi dapat menjalin kerjasama dengan instansi pemerintah atau departemen lainnya dalam melaksanakan pembangunan dan pengembangan IPTEK
3. Pergururan tinggi dapat mengembangkan IPTEK yang lebih bermanfaat dalam pengelolaan dan penyelesaian masalah pembangunan

D. Rencana Kegiatan KKN PPM

Sebelum pelaksanaan kegiatan KKN PPM POSDAYA Desa Kebondowo disusun suatu rencana kegiatan KKN PPM POSDAYA .

1 komentar: